RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD Mitbahul
Ulum
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV / 2 (genap)
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit (2 pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunannya dalam kehidupan
sehari-hari.
B.
Kompetensi Dasar
8.1 Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta
sifat-sifatnya.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Mengidentifikasi
sumber-sumber energi panas.
2.
Mendemonstrasikan
adanya perpindahan panas.
3.
Mengidentifikasi
sumber-sumber energi bunyi.
4.
Membuat
daftar sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar.
5.
Menyimpulkan
bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar.
6.
Menunjukkan
bukti perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas.
D.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1 :
Melalui eksperimen dan diskusi,
diharapkan peserta didik dapat :
1.
Mengidentifikasi
sumber-sumber energi panas.
2.
Mendemonstrasikan
adanya perpindahan panas.
Pertemuan 2 :
Melalui eksperimen dan diskusi,
diharapkan peserta didik dapat :
1.
Mengidentifikasi
sumber-sumber energi bunyi.
2.
Membuat
daftar sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar.
3.
Menyimpulkan
bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar.
4.
Menunjukkan
bukti perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas.
E.
Materi Pembelajaran
Bentuk Energi dan Penggunaannya
Pada kehidupan sehari-hari, kita biasa melakukan berbagai kegiatan. Semua
kegiatan tersebut memerlukan energi. Energi merupakan kemampuan untuk melakukan
suatu usaha atau kerja. Energi disebut juga tenaga. Jadi, makin banyak kerja
yang kita lakukan, makin banyak tenaga yang kita keluarkan.
Energi dibagi menjadi 2
bentuk, yaitu energi panas dan energi bunyi. Berikut ini urutan materi dari bentuk energi dan perubahannya.
1.
Energi panas
2.
Sumber energi panas di dapat dari panas matahari,api
dan listrik,
3.
Sifat energi panas. Panas dapat berpindah melalui
benda-benda yang terbuat dari logam.
4.
Energi bunyi.
5.
Sumber energi bunyi.
6.
Sifat energi bunyi.
F.
Metoda Pembelajaran
a. Metode :
Demonstrasi, eksperimen, tanya jawab, dan diskusi
b. Pendekatan :
Konstruktivis
c. Model : Interaktif
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Guru membuka pelajaran, memimpin doa dan
mengabsen kehadiran siswa.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Guru melakukan apersepsi. Guru bertanya tentang
materi energi panas yang telah
dipelajari pada kelas sebelumnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Guru bertanya: “Penahkah kamu melihat ibumu
memasak nasi?”. “energi apa yang ada di kompor sehingga nasi bisa masak?”. “
Mengapa sendok yang dipakai untuk mengocek kopi yang panas ikut panas?”
·
Siswa diminta untuk mencatat jawaban
masing-masing pada buku catatan masing-masing.
Elaborasi
·
Guru bertanya: “Apa saja yang ingin kamu
ketahui, kemukakanlah!”
·
Guru menuliskan pertanyaan-pertanyaan siswa pada
papan tulis. Guru dan siswa memilih pertanyaan-pertanyaan yang ingin diketahui
jawabannya melalui penyelidikan.
·
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
·
Guru meminta siswa untuk menentukan urutan
pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya melalui penyelidikan dengan panduan
LKS secara berkelompok.
·
Peserta didik mengerjakan LKS secara
berkelompok.
·
Peserta didik dipandu oleh guru mendiskusikan
hasil penyelidikannya dan membandingkannya dengan jawaban pada pengetahuan awal
mereka.
·
Guru meminta siswa untuk menentukan urutan
pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya melalui penyelidikan dengan panduan
LKS secara berkelompok.
Konfirmasi
·
Setelah menyelesaikan diskusi kelas, guru
meluruskan kesalahan pemahaman.
·
Peserta didik diajak untuk menyimpulkan
pembelajaran menjadi suatu konsep baru.
·
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk bertanya.
3. Kegiatan Penutup
·
Siswa diberi tugas untuk mencatat sumber-sumber
energy panas dalam kehidupan sehari-hari
·
Guru mengakhiri pelajaran dengan doa.
Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan
·
Guru membuka pelajaran, memimpin doa dan
mengabsen kehadiran siswa.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Guru melakukan apersepsi. Guru bertanya tentang
materi energi bunyi yang telah dipelajari pembelajaran sebelumnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
·
Guru mendemonstrasikan peristiwa memainkan alat
musik angklung. Kemudian mempersilahkan siswa yang ingin mencoba memainkan alat
music anklung. Guru bertanya “Mengapa angklung tersebut mengeluarkan bunyi?”.
“Apabila tidak digetarkan akankah angklung tersebut berbunyi?”.”Mengapa demikian?”.
·
Siswa diminta untuk mencatat jawaban
masing-masing pada buku catatan masing-masing.
Elaborasi
·
Guru bertanya : “Mengapa alat music angklung
dapat mengeluarkan bunyi?”. “Nah, apa saja yang ingin kamu ketahui,
kemukakanlah!”
·
Guru menuliskan pertanyaan-pertanyaan siswa pada
papan tulis.
·
Guru dan siswa memilih pertanyaan-pertanyaan
yang ingin diketahui jawabannya melalui penyelidikan.
·
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
·
Guru meminta siswa untuk menentukan urutan
pertanyaan yang ingin diketahui jawabannya melalui penyelidikan dengan panduan
LKS secara berkelompok.
·
Peserta didik mengerjakan LKS secara
berkelompok.
·
Peserta didik dipandu oleh guru mendiskusikan
hasil penyelidikannya dan membandingkannya dengan jawaban pada pengetahuan awal
mereka.
Konfirmasi
·
Setelah menyelesaikan diskusi kelas, guru
meluruskan kesalahan pemahaman.
·
Peserta didik diajak untuk menyimpulkan
pembelajaran menjadi suatu konsep baru.
·
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk bertanya.
3. Kegiatan Penutup
·
Siswa diberi tugas untuk mencatat kegiatan yang
menghasilkan bunyi pada kehidupan sehari-hari.
·
Guru mengakhiri pelajaran dan berdoa.
H.
Sumber dan Alat Pembelajaran
a.
Sumber :
BSE KTSP jenjang Sekolah Dasar, Mata Pelajaran
IPA untuk Kelas IV Ilmu Pengetahuan Alam
untuk
SD dan MI kelas IV, Pusat Perbukuan
Departemen
Pendidikan Nasional, 2008
b.
Alat
dan bahan : Air panas,
Sendok, gelas, angklung, 2 buah kaleng susu, benang, air, lonceng kecil.
I.
Penilaian
a.
Teknik:
·
Tertulis
·
Kinerja
·
Lisan
b.
Jenis :
·
Pilihan ganda
·
Uraian
c.
Instrumen:
·
LKS
·
Daftar Pertanyaan
0 komentar:
Posting Komentar