Rencana
Peleksanaan Pembelajaran Tematik
Identitas sekolah :
Nama Sekolah :
Kelas /Semester : 2/ I
Mata Pelajaran :PKN,
IPA dan Bahasa Indonesia
Tema :
Lingkungan
Alokasi
waktu :3×35 menit
Jumlah pertemuan : 1 kali pertmuan
A. Standar Kompetensi :
1. Ilmu Pengetahuan Alam
2.Menggunakan
pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah
2. Matematika
2.Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam
pemecahan masalah.
3. Bahasa Indonesia
Membaca
3. Memahami teks pendek
dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
B. Kompetensi Dasar:
1.
Ilmu
Pengetahuan Alam
2.3 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan
keguanaannya melalui pengamatan
2.
Matematika
2.3
Menggunakan alat ukur berat
3.
Bahasa
Indonesia
3.2 Menjelaskan isi
puisi anak yang dibaca
C. Indikator:
1. Ilmu
Pengetahuan Alam
·
Mengidentifikasi
benda-benda yang ada di sekitar.
·
Menceritakan
kegunaan benda-benda di sekitar.
2. Matematika
· Mengukur berat benda dengan
menggunakan satuan tidak baku
·
Mengukur berat benda dengan menggunakan satuan baku.
·
Mengurutkan
ukuran anak timbangan.
3. Bahasa Indonesia
·
Membaca teks cerita
dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·
Menjawab atau
mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
·
Memilih bacaan yang disenangi.
·
Menikmati kegiatan membaca.
·
Memberikan pendapat
atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam teks.
D. Tujuan Pembelajaran:
Melalui
metode ceramah dan diskusi, diharapkan siwa dapat:
- Mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar.
- Menceritakan kegunaan benda-benda di sekitar.
3.
Mengukur berat benda dengan menggunakan satuan tidak
baku
- Mengukur berat benda dengan menggunakan satuan baku.
- Mengurutkan ukuran anak timbangan.
- Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
- Memilih bacaan yang disenangi.
- Menikmati kegiatan membaca.
- Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam teks.
E. Materi Ajar (Materi Pokok)
· Kegunaan
Benda
· Pengukuran
Panjang dan Berat
· Membacakan
Isi Puisi Anak
F. Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Demonstrasi
·
Pemberian tugas
G. Langkah-langkah pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal
·
Mengisi daftar hadir kelas, berdoa,
mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
·
Memperingatkan cara duduk ketika
menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/PR.
2.
Kegiatan
Inti
Pertemuan
ke-1 (4x45 menit IPA dan Matematika)
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
·
Melalui penjelasan guru, pengamatan,
diskusi sehingga siswa mampu membuat daftar kegiatan pembagian tugas dirumah.
·
Melalui penjelasan guru, pengamatan, dan
diskusi sehingga siswa mampu membuat daftar kegiatan pembagian tugas disekolah,
kemudian melaksanakanya pada piket dikelas.
·
Melalui demonstrasi, cerita, penjelasan
guru yang berhubungan dengan cerita bergambar sehingga siswa mampu menyusun
gambar dan menceritakan gambar yang berurutan dengan kalimat yang sederhana.
·
Melalui pengamatan dan eksperimen
sederhana, siswa mampu mengindetifikasi buah berbiji banyak dan buah berbiji
sedikit.
·
Melalui pengamatan dan eksperimen
sederhana, siswa mampu membuat daftar data tentang buah yang berbiji banyak dan
yang berbiji sedikit.
·
Melalui penjelasan dan disampaikan guru,
siswa mampu menceritakan kegiatan dan memberikan tanggapan secara lisan.
·
Melalui penjelasan, cerita dan
demonstrasi siswa mampu menceritakan gambar dengan urut dan kalimat sederhana.
·
Dengan mendengarkan cerita guru, siswa
dapat menjawab pertanyaan dan menceritakan peristiwa pada teman.
·
Melalui peragaan/contoh dari guru, siswa
mampu membacakan teks dengan bersuara lantang dan benar.
·
Dengan mendengarkan teks yang dibacakan
guru, siswa mampu menjawab pertanyaan yang diajukan kemudian menceritakan dan
meringkas isi bacaan.
3.
Kegiatan
Akhir
·
Membuat kesimpulan dari tiap materi yang
disampaikan.
·
Mengerjakan post test.
·
Memberikan tugas/PR.
H.
Alat
dan Sumber Belajar
·
Buku Sumber:
1.
Buku sains kelas 2 SD
2.
Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2 SD
3.
Buku Bina Bahasa Indonesia dan Sastra kelas 2 SD
·
Alat Peraga
1.
Gambar binatang dan tumbuhan.
I. Penilaian
Teknik Tes:
·
Tes Lisan.
1.
Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil.
2.
Ketepatan jawaban.
3.
Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
·
Tes Tertulis:
1.
Pilihan Ganda
2. Isian
Instrument Tes:
·
Objektif Tes
·
Nonobjektif Tes
0 komentar:
Posting Komentar